Sertifikasi ISO . Jakarta - ISO 9000 adalah standar yang berisikan dan memberikan dasar-dasar dan kosakata yang digunakan di seluruh keluarga ISO 9000 standar. Didasari untuk memahami unsur-unsur dasar manajemen mutu seperti yang dijelaskan dalam standar ISO. ISO 9000 memperkenalkan kita ke delapan Prinsip Manajemen Mutu serta penggunaan pendekatan proses untuk mencapai perbaikan terus menerus.
ISO 9001 digunakan ketika Anda sedang mencari untuk menetapkan suatu sistem manajemen mutu yang memberikan kepercayaan pada kemampuan organisasi Anda untuk menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan harapan.
Ini adalah standar dalam ISO 9000 terhadap yang persyaratan sistem manajemen mutu Anda dapat diakui bila ingin disertifikasi oleh badan sertifikasi eksternal. Standar ini mengakui bahwa istilah "produk" berlaku untuk layanan, proses material, hardware dan software yang ditujukan untuk pelanggan Anda.
Ada lima bagian dalam standar yang menentukan kegiatan yang perlu dipertimbangkan ketika Anda menerapkan sistem anda:
* Secara keseluruhan persyaratan untuk sistem manajemen mutu dan dokumentasi
* Tanggung jawab manajemen, fokus, kebijakan, perencanaan dan objektif
* Pengelolaan sumber daya dan alokasi
* Realisasi produk dan manajemen proses , dan
* Pengukuran, pemantauan, analisis dan perbaikan.
Ini adalah standar dalam ISO 9000 terhadap yang persyaratan sistem manajemen mutu Anda dapat diakui bila ingin disertifikasi oleh badan sertifikasi eksternal. Standar ini mengakui bahwa istilah "produk" berlaku untuk layanan, proses material, hardware dan software yang ditujukan untuk pelanggan Anda.
Ada lima bagian dalam standar yang menentukan kegiatan yang perlu dipertimbangkan ketika Anda menerapkan sistem anda:
* Secara keseluruhan persyaratan untuk sistem manajemen mutu dan dokumentasi
* Tanggung jawab manajemen, fokus, kebijakan, perencanaan dan objektif
* Pengelolaan sumber daya dan alokasi
* Realisasi produk dan manajemen proses , dan
* Pengukuran, pemantauan, analisis dan perbaikan.
Persyaratan dalam empat bagian yang diterapkan pada semua organisasi - sistem manajemen mutu, manajemen tanggung jawab, manajemen sumber daya, dan Pengukuran, analisis dan perbaikan. Bagian Realisasi Produk bisa disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi Anda. manual mutu Anda atau dokumentasi lain akan menunjukkan bagaimana Anda memenuhi persyaratan ISO 9001 di perusahaan Anda.
Bersama-sama, lima bagian ISO 9001 mendefinisikan apa yang harus Anda lakukan untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku. Selain itu, Anda akan berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen mutu Anda.
Pedoman lebih lanjut juga dapat ditemukan dalam Panduan ISO 9001:2008 Introduction and Support Package disiapkan oleh ISO / subkomite TC 176 SC 2 yang memberikan panduan lebih lanjut:
* Terminologi
* ISO 9001:2008 Klausul 1.2 (Aplikasi)
* Persyaratan Dokumentasi
* Pendekatan proses
* Outsource proses
* Implementasi
* Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ).
ISO / TC 176 memelihara database interpretasi yang disetujui standar ISO 9001.
ISO 9004 digunakan untuk menambah lebih banyak keuntungan yang diperoleh dari ISO 9001 untuk semua pihak yang tertarik atau terpengaruh oleh kegiatan Anda. Pihak yang berminat termasuk karyawan Anda, pemilik, pemasok, mitra dan masyarakat pada umumnya.
ISO 9001 dan ISO 9004 sangat kompatibel dan dapat digunakan secara terpisah atau dalam kombinasi untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan dan pihak yang berkepentingan. Kedua standar menerapkan pendekatan proses. Proses ini dikenal sebagai terdiri dari satu atau lebih kegiatan yang saling berhubungan yang membutuhkan sumber daya dan harus dikelola untuk mencapai output yang telah ditentukan. Output dari suatu proses dapat membentuk input untuk proses selanjutnya dan produk akhir sering hasil dari jaringan atau sistem proses. Delapan Prinsip Manajemen Mutu memberikan dasar bagi peningkatan kinerja.
ISO 9004 memberikan panduan yang lebih luas sasaran sistem manajemen mutu ISO 9001 daripada, terutama dalam mengelola bagi keberhasilan jangka panjang organisasi. ISO 9004 adalah disarankan sebagai panduan bagi organisasi yang Top Managementnya ingin memperluas manfaat dari ISO 9001 untuk mencapai perbaikan yang sistematis dan terus menerus dari kinerja keseluruhan organisasi. Namun, tidak dimaksudkan untuk tujuan sertifikasi atau kontrak.
ISO 19011 berisikan tentang tata cara audit sistem manajemen mutu dan sistem manajemen lingkungan. Ini memberikan panduan pada bagaimana membuat program audit, pelaksanaan audit internal atau eksternal, dan informasi tentang kompetensi auditor. ISO 19011 memberikan gambaran tentang bagaimana program audit harus beroperasi dan bagaimana sistem manajemen audit harus dilakukan.
Sertifikasi ISO
0 comments:
Post a Comment