ISO 31000:2009 Risk management

Share
Sertifikasi ISO . Jakarta - Sebuah Standar Internasional baru bernama ISO 31000:2009, Manajemen Risiko - Prinsip dan pedoman, akan membantu organisasi dari semua jenis dan ukuran untuk mengelola resiko secara efektif.
Pada saat yang sama, ISO juga  mempublikasikan ISO Guide 73:2009, ISO Guide 73:2009, Risk management vocabulary, yang melengkapi ISO 31000 dengan menyediakan kumpulan istilah dan definisi yang berkaitan dengan pengelolaan resiko.

Kevin W. Knight , Salah satu yang mengembangkan oleh ISO standar menjelaskan, "Semua organisasi, tidak peduli seberapa besar atau kecil, menghadapi faktor internal dan eksternal yang menciptakan ketidakpastian tentang apakah mereka akan mampu mencapai tujuan mereka. Pengaruh dari ketidakpastian ini adalah 'resiko' dan melekat pada semua kegiatan. "
"Bahkan," lanjutnya "dapat dikatakan bahwa krisis keuangan global telah menyebabkan dari kegagalan dari pengurus dan manajemen eksekutif untuk secara efektif mengelola risiko. ISO 31000 diharapkan dapat membantu industri dan perdagangan, publik dan swasta, untuk percaya diri keluar dari krisis. "
Standar ini merekomendasikan bahwa organisasi mengembangkan, menerapkan dan terus meningkatkan kerangka kerja manajemen risiko sebagai komponen integral dari sistem manajemen mereka.
"ISO 31000 merupakan dokumen praktis yang bertujuan untuk membantu organisasi dalam mengembangkan pendekatan mereka sendiri dengan manajemen risiko. Tapi ini bukan standar bahwa organisasi dapat mencari sertifikasi. Dengan menerapkan ISO 31000, organisasi dapat membandingkan praktek manajemen risiko dengan tolok ukur yang diakui secara internasional, memberikan suara untuk prinsip-prinsip pengelolaan yang efektif. ISO Guide 73 lebih lanjut akan memastikan bahwa semua organisasi berada pada halaman yang sama ketika berbicara tentang risiko, "kata Mr Knight.

ISO 31000 dirancang untuk membantu organisasi:

    
* Meningkatkan kemungkinan mencapai tujuan
    
* Mendorong manajemen yang proaktif
    
* Antisipasi akan kebutuhan untuk mengidentifikasi dan memperlakukan risiko di seluruh organisasi
    
* Meningkatkan identifikasi peluang dan ancaman
    
* Memenuhi persyaratan hukum dan peraturan yang relevan dan norma-norma internasional
    
* Memperbaiki pelaporan keuangan
    
* Meningkatkan tata kelola
    
* Meningkatkan keyakinan dan kepercayaan stakeholder
    
* Membentuk dasar yang dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan dan perencanaan
    
* Meningkatkan kontrol
    
* Efektif mengalokasikan dan menggunakan sumber daya untuk perawatan risiko
    
* Meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional
    
* Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja, serta perlindungan lingkungan
    
* Meningkatkan pencegahan kerugian dan manajemen insiden
    
* Minimalkan Kerugian
    
* Meningkatkan pembelajaran organisasi
    
* Meningkatkan ketahanan organisasi.


ISO 31000 dan ISO Guide 73 dapat diterapkan untuk setiap perusahaan publik, swasta atau masyarakat, asosiasi, kelompok atau perorangan. Dokumen ini akan berguna untuk:

    
* Mereka yang bertanggung jawab untuk menerapkan manajemen resiko dalam organisasi mereka
    
* Mereka yang perlu untuk memastikan bahwa organisasi mengelola resiko
    
* Mereka perlu untuk mengevaluasi praktek-praktek organisasi dalam mengelola resiko
    
* Pengembangan standar, prosedur panduan dan kode praktek berkaitan dengan pengelolaan resiko.


Sertifikasi ISO 

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.

Contributors

Posting Terakhir

Likebox