Apakah yang dimaksud dengan ISO 9001 Gap Analysis?

Share
Sertifikasi ISO . Jakarta - Salah satu langkah pertama dalam anda melakukan Sistem Manajemen Mutu (QMS) transisi atau implementasi proyek adalah dengan membandingkan SMM Anda saat ini dengan persyaratan standar ISO 9000:2008. Hal ini paling sering disebut Analisis Gap.
Alat yang paling penting untuk Analisis Gap adalah Gap Analysis Checklist. Ini adalah daftar persyaratan dalam standar, ditulis dalam format pertanyaan.Auditor akan menggunakan daftar ini untuk membandingkan SMM yang ada di tempat dengan persyaratan standar. Sebuah daftar periksa yang dirancang dengan baik akan memberikan auditor dengan rekomendasi dari apa dokumen untuk mencari, contoh apa yang akan memenuhi persyaratan dan panduan lain pada audit dengan standar. Daftar periksa ini juga harus memberikan auditor tempat tertentu untuk mendokumentasikan apa yang mereka lihat yang tidak atau tidak memenuhi standar.
Perlu diingat bahwa Anda akan menggunakan checklist sampai selesai untuk membuat daftar tugas untuk rencana implementasi kedepannya. Untuk setiap bagian dari standard Anda pastinya ingin untuk menyiapkan daftar item yang perlu dilaksanakan, dirancang ulang atau didokumentasikan. Pastikan
Auditor Anda mengetahui informasi apa yang Anda butuhkan untuk didokumentasikan di checklist untuk mempersiapkan daftarnya. Anda juga akan perlu:

    
* Setiap pertanyaan pada checklist dijawab dengan komentar pada apa yang di tempat atau apa yang tidak di tempat
    
* Catatan menjelaskan apa perlu dilakukan praktek bila  tidak memenuhi standar
    
* Catatan di mana dokumentasi tambahan bila diperlukan
    
* Lain pengamatan sehubungan dengan kepatuhan dengan standar  
    * Auditor harus familiar dengan standar dalam rangka untuk melakukan audit yang efektif. Jika auditor Anda belum terlatih pada ISO 9000:2008 persyaratan pastikan untuk memberikan pelatihan sebelum melakukan audit

Jadwal dan melaksanakan audit.
Luangkan waktu cukup untuk melakukan audit yang mendalam. Semakin banyak informasi yang dapat menyediakan untuk daftar tugas Anda dan rencana proyek, semakin efisien dan efektif proyek Anda akan menjadi.
Ketika audit telah selesai, bertemu dengan auditor untuk merangkum hasil. Hasil ini dapat ditransfer ke daftar tugas untuk implementasi. Pertemuan ini harus dilakukan segera setelah audit, sehingga informasi yang masih segar dalam memori auditor.

Manfaat menggunakan Gap Analysis Checklist Toolkit
* Anda akan memiliki daftar rinci digunakan untuk membandingkan sistem saat ini Anda dengan persyaratan ISO 9001:2008.
* Anda dapat mengidentifikasi persyaratan bahwa organisasi anda sudah melakukan rapat, dan mereka yang perlu ditangani. Anda akan mendapatkan informasi yang Anda perlu menentukan sumber daya dan batas waktu untuk proyek 9001:2008 ISO anda implementasi.


Sertifikasi ISO

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.

Posting Terakhir

Likebox